Follow me on Twitter RSS FEED

Pages

Translate

Ilmu Komunikasi ( Soal Genap)

Posted in

Soal Genap

1.

Penyampaian informasi dari Tata Usaha (TU) kepada Mahasiswa dilakukan dengan media yaitu Mading. Informasi tentang beasiswa, PKM, PMW, dan informasi lainnya dapat dengan mudah ditempel di mading, dengan begitu pihak TU tidak perlu untuk masuk ke-kelas satu-persatu yang terlalu banyak membuang tenaga dan waktu.
Mading merupakan media informasi yang dapat menyampaikan informasi dalam jangka waktu yang cukup lama. Karena info tersebut tidak akan di hapus jika tidak ada informasi yang baru.
Kemudian mahasiswa dapat memperoleh informasi dari mading, meskipun mahasiswa tidak selalu melihat mading tapi cara ini di anggap sebagai cara yang paling efisien.
Bagi mahasiswa yang tertarik dengan informasi tersebut dapat menghubungi TU untuk konfirmasi. 




2. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat menjadi pembawa acara:
    1. Pelajari terlebih dahulu tema acara.
    2. Membuat susunan acara.
    3. Menyesuaikan penampilan dengan konteks acara. Acara itu bersifat resmi atau santai, dan siapa yang akan menghadiri acara.
    4. Menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar, komunikatif, serta santun.
    5. Mengawali acara dengan ucapan terima kasih, serta sapaan dengan tepat.
    6. Menyampaikan acara sesuai dengan susunan acara.
    7. Menumbuhkan kesan berkomunikasi dengan hadirin atau peserta.
    8. Menerapkan intonasi dan artikulasi dengan tepat.
    9. Ditambah dengan percaya diri yang tinggi tentu akan merasa jauh lebih baik.
    10. Setelah selesai acara, mengevaluasi acara dan performance agar menjadi lebih baik.



3. Cara Meningkatkan Motivasi Belajar:

1.  Memberi angka

Angka dalam hal ini sebagai simbol dari nilai kegiatan belajarnya. Banyak siswa yang justru untuk mencapai angka/nilai yang baik. Sehingga yang dikejar hanyalah nilai ulangan atau nilai raport yang baik. Angka-angka yang baik itu bagi para siswa merupakan motivasi belajar yang sangat kuat.

2. Hadiah
Hadiah dapat menjadi motivasi belajar yang kuat, dimana siswa tertarik pada bidang tertentu yang akan diberikan hadiah. Tidak demikian jika hadiah diberikan untuk suatu pekerjaan yang tidak menarik menurut siswa.

3. Kompetisi
Persaingan, baik yang individu atau kelompok, dapat menjadi sarana untuk meningkatkan motivasi belajar. Karena terkadang jika ada saingan, siswa akan menjadi lebih bersemangat dalam mencapai hasil yang terbaik.

4. Ego-involvement
Menumbuhkan kesadaran kepada siswa agar merasakan pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan sehingga bekerja keras adalah sebagai salah satu bentuk motivasi yang cukup penting. Bentuk kerja keras siswa dapat terlibat secara kognitif yaitu dengan mencari cara untuk dapat meningkatkan motivasi belajar.

5. Memberi Ulangan
Para siswa akan giat belajar kalau mengetahui akan diadakan ulangan. Tetapi ulangan jangan terlalu sering dilakukan karena akan membosankan dan akan jadi rutinitas belaka.

6. Mengetahui Hasil
Mengetahui hasil belajar bisa dijadikan sebagai alat motivasi belajar anak. Dengan mengetahui hasil belajarnya, siswa akan terdorong untuk belajar lebih giat. Apalagi jika hasil belajar itu mengalami kemajuan, siswa pasti akan berusaha mempertahankannya atau bahkan termotivasi untuk dapat meningkatkannya.


7. Pujian
Apabila ada siswa yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik, maka perlu diberikan pujian. Pujian adalah bentuk reinforcement yang positif dan memberikan motivasi yang baik bagi siswa. Pemberiannya juga harus pada waktu yang tepat, sehingga akan memupuk suasana yang menyenangkan dan mempertinggi motivasi  belajar serta sekaligus akan membangkitkan harga diri.

8. Hukuman
Hukuman adalah bentuk reinforcement yang negatif, tetapi jika diberikan secara tepat dan bijaksana, bisa menjadi alat motivasi belajar anak. Oleh karena itu, guru harus memahami prinsip-prinsip pemberian hukuman tersebut.

9.  Menggunakan metode yang bervariasi.
Metode yang bervariasi akan sangat membantu dalam proses belajar dan mengajar. Dengan adanya metode yang baru akan mempermudah guru untuk menyampaikan materi pada siswa.

10. Menggunakan media pembelajaran yang menarik.
Dengan menggunakan media yang menarik, seorang siswa akan lebih memperhatikan pelajaran dan membangkitkan motivasi untuk belajar.

0 komentar:

Posting Komentar