Follow me on Twitter RSS FEED

Pages

Translate

Kuis Kepemimpinan

Posted in

Soal:

1)      Jelaskan secara skematik hierarki kewenangan seorang pemimpin!
2)      Jelaskan tahapan pengambilan keputusan pemimpin dalam organisasi!
3)      Jelaskan perbedaan pimpinan, kepala dan manajer!
4)      Jelaskan secara fungsi administratif, seorang pemimpin dalam organisasi pendidikan!
5)      Jelaskan secara konseptual tugas pokok dan fungsi pimpinan dalam organisasi pendidikan!


Jawaban:
 
1.      Wewenang seorang pemimpin:



-           Manajer Puncak (top manager)
Manajer puncak berada pada puncak hierarki dan bertanggung jawab atas keseluruhan organisasi. Mereka menyandang jabatan seperti presiden, ketua, direktur eksekutif, presiden direktur (chief executive officer - CEO), dan wakil presiden eksekutif. Manajer puncak bertanggung jawab untuk menentukan tujuan organisasi, menetapkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, mengawasi dan menginterpretasikan lingkungan eksternal, serta mengambil keputusan yang mempengaruhi  seluruh organisasi. Mereka memandang kedepan dalam jangka panjang , memperhatikan tren lingkungan secara umum, dan keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Di antara tanggung jawab yang paling penting untuk manajer puncak adalah mengkomunikasikan visi bersama untuk organisasi, membentuk budaya perusahaan, dan menjaga semangat kewirausahaan yang dapat membantu perusahaan menyeimbangi perusahaan yang cepat. Terlebih pada masa sekarang, manajer puncak harus melibatkan pengetahuan, keahlian, dan kemampuan unik dari masing – masing karyawan.
-          Manajer Menengah (middle manager)
 Manajer menengah bekerja pada tingkat menengah organisasi dan bertanggung jawab atas unit usaha dan departemen utama. Contoh manajer menengah ini adalah kepala departemen, kepala divisi, manajer kendali mutu, dan direktur laboratorium riset. Manajer menengah umumnya memiliki dua atau lebih tingkatan manajemen di bawahnya. Mereka bertanggung jawab atas implementasi strategi secara keseluruhan dan kebijakan yang ditentukan oleh manajer puncak. Manajer menengah umumnya berurusan dengan masa depan yang tidak terlalu jauh dan diharapkan dapat membina hubungan baik dengan sesama manajer di dalam organisasi, mendorong kerja tim, dan menyelesaikan konflik.
-          Manajer Lini Pertama (first-line manager)
 Manajer lini pertama secara langsung bertanggung jawab atas produksi barang dan jasa. Mereka merupakan tingkatan pertama atau kedua manajemen dan memegang jabatan sebagai penyelia, manajer lini, kepala seksi, dan manajer kantor. Mereka bertanggung jawab atas sekelompopk karyawan non manajemen. Perhatian mereka yang utama adalah penerapan aturan dan prosedur untuk mencapai produksi yang efisien, memberikan bantuan teknis, dan memotivasi bawahan. Jangka waktu pada tingkat ini terbilang pendek , dengan penekanan pada pencapaian tujuan dari hari kehari.

2.      Langkah dalam pengambilan keputusan
Mintzberg mengungkapkan bahwa langkah-langkah dalam pengambilan keputusan terdiri dari :



a.        Tahap identifikasi
      Tahap ini adalah tahap pengenalan masalah atau kesempatan muncul dan diagnosis dibuat. Sebab tingkat diagnosis tergantung dari kompleksitas masalah yang dihadapi
b.       Tahap pengembangan
      Tahap ini merupakan aktivitas pencarian prosedur atau solusi standar yang ada atau mendesain solusi yang baru. Proses desain ini merupakan proses pencarian dan percobaan di mana pembuat keputusan hanya mempunyai ide solusi ideal yang tidak jelas
c.       Tahap seleksi
Tahap ini pilihan solusi dibuat, dengan tiga cara pembentukan seleksi yakni dengan penilaian pembuat keputusan : berdasarkan pengalaman atau intuisi, bukan analisis logis, dengan analisis alternatif yang logis dan sistematis, dan dengan tawar-menawar saat seleksi melibatkan kelompok pembuat keputusan dan semua manuver politik yang ada. Kemudian keputusan diterima secara formal dan otorisasi dilakukan.

3.      Pemimpin, kepala dan manager:
a.       Seorang kepala diangkat menurut peraturan tertentu oleh atasan atau instansi yang berwenang untuk itu, untuk mengepalai sesuatu kantor, Dinas, Jawatan atau perusahaan dan bertanggung jawab tentang tugas yang diberikan kepadanya terhadap atasan atau pihak ketiga.
b.      Pemimpin harus dipilih oleh orang-orang yang dipimpinnya atau diangkat oleh kekuasaan atau intansi tertentu serta dapat diterima baik  atau memperoleh  pengakuan para anak buahnya
c.       perbedaan peran antara manager dan pemimpin
-          Manager mengelola sedangkan pemimpin menginovasi
-          Manager mempertahankan pemimpin mengembangkan
-          Manager berfokus pada sistem dan struktur sedangkan pemimpin fokus kepada orang
-          Manager bergantung kepada pengawasan sedangkan pemimpin membangkitkan kepercayaan
-          Manager melihat jangka pendek sedangkan pemimpin melihat perspektif jangka panjang
-          Manager melakukan hal-hal dengan benar sedangkan pemimpin melakukan hal-hal yang benar
-          Manager bertanya kapan dan bagaimana sedangkan pemimpin bertanya apa dan mengapa
-          Manager melihat hasil pokok sedangkan pemimpin menatap masa depan

4.      Fungsi administrasi seorang pemimpin dalam organisasi pendidikan.
Fungsi administratif seorang pemimpin dalam organisasi pendidikan adalah, administrasi pengertian sehari-hari sering disamakan dengan tata usaha, yailu berupa kegiatan mencatat, mengumpulkan dan menyimpan suatu kegiatan atau hasil kegiatan untuk membantu pimpinan dalam mengambil keputusan.
Mengadakan formulasi kebijaksanaan administrasi dan menyediakan fasilitasnya . Dalam upaya mewujudkan kepemimpinan yang efektif, maka kepemimpinan tersebut harus dijalankan sesuai dengan fungsinya. Sehubungan dengan hal tersebut, menurut Hadari Nawawi (1995:74), fungsi kepemimpinan berhubungn langsung dengan situasi sosial dalam kehidupan kelompok masing-masing yang mengisyaratkan bahwa setiap pemimpin berada didalam, bukan berada diluar situasi itu Pemimpin harus berusaha agar menjadi bagian didalam situasi sosial keiompok atau organisasinya.

5.      Konseptual tupoksi pemimpindalam organisasi pendidikan adalah 
-  sebagai educator ( pendidik), kepala sekolah menjadi pendidik dimana terkadang seorang kepala sekolah  berkepemimpinan demokratis dimana dia merupakan bagain dari yang dipimpin sehingga kepala sekolah juga menjadi pendidik langsung untuk para muridnya.
-  sebagai manajer, kepala sekolah menjadi pimpinan yang mengarahkan, membatasi, dan merencanakan segala kepemerintahannya yang akan berdampak pada proses pembelajaran yang berlangsung.
-  sebagai leader, kepala sekolah sebagai pemimpin yang disegani baik sebagai orang yang berkuasa juga sebagai seorang pendidik yang lebih menekankan pada contoh moral siswa-siswanya.
-  sebagai motivator, kepala sekolah sebagai seorang motivator untuk mendorong semangat belajar siswa-siswi sehingga akan tercipta prestasi yang membanggakan dalam ranah akademik maupun non akademik.
-  sebagai inovator, kepala sekolah menjadi seorang pemimpin yang dapat memeberikan inovasi-inovasi dalam sebuah perkembangan dalam pendidikan yang dapat menarik minat dan simpati siswa-siswi untuk mampu berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi.

0 komentar:

Posting Komentar